Sekolah Lagi, Semangat Lagi

Mengawali kegiatan rutin disemester baru bukanlah hal yang mudah. Adakalanya hal ini menjadi beban sehingga prestasi yang diraih bukannya meningkat tetapimenurun karena salah strategi pada awalnya. Untuk menghindari hal-hal seperti itu, 10 langkah yang dapat dilakukan adalah :
1) Evaluasi hasil sebelumnya
Lihat lagi jumlah nilai yang didapat pada raport saat semester lalu, perhatikan mana yang harus dipertahankan atau ditingkatkan. Kalau sudah kelihatan, segeralah bertindak dengan cara efektif tanpa harus mengeluarkan tenaga sebanyak banyaknya. Inilah sebuah tantangan yang mesti dihadapi dengan kerja keras dan rasa optimis.
2) Buanglah kebiasaan buruk saat belajar
Salah satu penyebab prestasi belajar menurun adalah membuang tenaga dan pikiran untuk hal-halyang tidak perlu dalam belajar seperti ngobrol, menganggap enteng soal belajar, menunda nunda PR atau yang lainnya yang memang tidak bermanfaat dilakukan.
3) Ubah cara belajar
Cara belajar yang baik tergantung kita yang memilihnya, oleh sebab itu gunakanlah yang terbaik untuk memudahkan beban yang dilakukan. Ciptakan suasana belajar di rumah dan di sekolah senyaman mungkin, ganti ruang belajar di rumah semenarik mungkin dan buanglah cara belajar yang SKS ( Sistem Kebut Semalam ) dengan system belajar rutin sedikit demi sedikit.
4) Berusaha mandiri
Pelajar yang baik adalah pelajar yang berusaha sekuat tenaga dengan kemampuan sendiri, artinya percaya dengan kemampuan sendiri dan sekuat tenaga berusaha untuk tidak mencontek, karena mencontek adalah musuh yang nyata yang bisa membuat kebodohan pada diri kita.
5) Gunakan segala kesempatan untuk belajar
Dalam kondisi apapun harus memanfaatkan waktu untuk belajar daripada membicarakan hal yang tak perlu lebih baik digunakan waktu untuk belajar bersama membahas pelajaran yang mungkin tidak dimengerti.
6) Banyak bertanya
Kalau dirasa pelajaran yang diberikan guru kurang memuaskan, maka yang perlu dilakukan adalah banyak bertanya, bisa bertanya dengan Bapak/Ibu guru, teman yang lebih mengerti, dll.
7) Jadikan sekolah ajang silaturahmi
Sekolah adalah tempat untuk bertemu dengan teman-teman, ternyata di sekolah mempunyai pahala ganda. Pertama dapat pahala dari mencari ilmu dan yang kedua adalah pahala dari silaturahmi dalam usaha menjalin ukhuwah.
8) Niatkan dalam diri selalu berharap yang terbaik
Dalam urusan belajar, kita harus menjadi yang terbaik, kalau kita berhasil meraih prestasi bagus.Bersyukurlah atas nikmat Allah. Dan tawadhu’ sebab semua itu terjadi karena iradah Allah.
9) Belajar adalah ibadah
Jangan menganggap kalau sekolah itu sebuah beban tapi jadikanlah belajar sebagai ibadah sebab segala beban dan kepenatan dalam belajar akan hilang sepanjang niat kita benar-benar ikhlas belajar karena Allah.
10) Berdo’a
Jangan lupa berdo’a setelah berusaha maksimal sebaik mungkin. Kita harus ingat kalau do’a adalah ibadah. Disanalah kita akan merasa tidak ada artinya dihadapan Allan. Berdo’alah secara khusyu’ dan serahkanlah segalanya kepada Allah. Dengan begitu Insya Allah kita akan dimudahkan dari segala urusan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s