Jika tak bisa berkata baik, lebih baik Diam

Pepatah mengatakan “Diam itu Emas” maknanya ialah Apabila kita tak bisa mengatakan yang baik-baik, maka lebih baik diam.

Kita seringkali mendengar kata-kata pedas yang diutarakan oleh orang lain, baik itu dari orang-orang di sekitar kita, di tv, di social media, dll.

Yang paling parah aku tahu, banyak komentar pedas di social media artis-artis, entah itu dari haters tingkat akut atau orang yang sekedar nggak suka sama mereka.

Miris waktu dengar/baca perkataan pedas kayak gitu, apalagi kalau orang yang mereka kata-katain itu sama sekali nggak salah. Lagipula mental seseorang itu berbeda-beda terhadap kritikan, hinaan, dsb. Ada yang cuek banget dan ada yang kebawa perasaan dan down.

Berdasarkan pengalaman aku sendiri, aku juga sering banget dikata-katain pedas kayak gitu, aku bingung karena aku nggak tahu apa salah aku sama mereka sampai mereka ngata-ngatain aku kayak gitu😦

Yang paling aku inget itu waktu aku masih SD dan lagi seneng-senengnya main sama tetanggaku. Aku sering banget main sama mereka. Waktu aku pulang ke rumah, aku dikasih tahu mbakku kalau nggak boleh main ke rumah orang terus-terusan karena aku dikatain si pemilik rumah kayak anak nggak punya rumah, hiks😥

Aku langsung down dan nggak nyangka banget kalau dikatain sampai segitunya. Yang ngatain aku itu nenek dari temanku. Kebayang nggak sih, aku waktu itu masih kecil, masih SD dan lagi seneng banget main bareng teman-temanku, tapi aku malah dikatain sampai segitunya. Padahal yang ngatain aku udah nenek-nenek, seharusnya beliau bisa maklum lah, namanya juga anak kecil. Nggak malu sama umur ya, sudah tua tapi sikapnya kayak anak kecil.

Sejak saat itu aku jarang main bareng teman-temanku dan lebih sering di rumah aja.

Yang bisa kita ambil dari kejadian ini adalah Kita harus berhati-hati mengungkapkan fikiran kita, jangan sampai kata-kata kita menyakiti orang lain. Kita juga harus melihat kepada siapa kata-kata kita ditujukan, apakah sebaya dengan kita atau lebih kecil dari kita🙂

Tinggalkan Balasan

