Dilema Memilih Jurusan Kuliah

jurusan-kuliah (1)

Dilema memilih jurusan

Sebentar lagi Penerimaan Mahasiswa Baru akan dibuka. Semakin bingung pula bagi para calon mahasiswa baru untuk menentukan jurusan apa yang ia inginkan. Baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK, MANDIRI, ataupun jalur pendaftaran lainnya.

Hal ini pula yang tak luput membuatku kalut. Aku harus segera memutuskan jurusan apa yang akan aku pilih, karena tidak bisa sembarangan. Karena selama 4 tahun ke depan aku akan menjalaninya. Salah-salah mengambil jurusan, akan membuatku kelimpuhan, gusar, sampai stress selama kelulusan. Mulai dari tidak ada semangat belajar, materinya gak mudeng, banyak tugas lagi, belum lagi ujiannya, dan yang paling parah tugas akhir SKRIPSI dan SIDANG PENDADARAN *mengkerut*

Yang membuatku mengalami gejolak batin yang gak karuan adalah… Orang tuaku tidak setuju dengan jurusan pilihanku, tepatnya ragu-ragu akan prospek kerjanya, apa aku bisa sukses atau tidak. Sementara orang tuaku pengin aku dapat pekerjaan yang pasti. Apalagi kondisi ekonomi orang tuaku pas-pasan dan harus menghidupi 4 orang anak, yang dua diantaranya akan masuk kuliah, dan yang dua lagi harus melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP.

Jujur aku kecewa, karena pilihanku bertentangan dengan pilihan orang tuaku. Terlebih aku nggak tertarik dengan jurusan pilihan orang tuaku. Alasan yang kuat adalah aku nggak mudeng sama materinya dan aku kalah jauh dibandingkan orang tuaku. Selain itu aku memang gak begitu tertarik sama mata kuliahnya.

Kalian pasti sudah sering mendengar kata-kata, “Hidup adalah pilihan.” Kita berhak untuk menentukan pilihan hidup kita sendiri, ingin menjadi apa kita di masa depan. Seharusnya tidak ada orang yang bisa mengatur hidupmu sendiri. Karena mereka bisa melanggar hak asasi manusia. (jiaahhh… melebar banget bahasannya sampai nyangkut PKN dan Hukum)

Tetapi, ada kata-kata pepatah yang dapat mematahkan pilihanmu sendiri, “Mungkin apa yang orang tuamu inginkan adalah yang terbaik untukmu. Karena tidak ada orang tua yang ingin anaknya tidak sukses, ataupun menjadi pengangguran.” 

JENG JENG JENG!!! MAK JLEB!

Hayoo… pasti diantara kalian ada yang mengalami kan? Ngaku *todongpisau*

Kebanyakan orang akan mengalah setelah mendengar hal itu. Bagaimanakah denganku? TIDAK!! Aku tidak akan mundur dengan pilihan hidupku. Aku akan tetap mewujudkan keinginanku, aku akan mewujudkan cita-citaku yang telah terpendam oleh keinginan orang tuaku.

Lalu, bagaimana cara mewujudkan cita-citaku itu? Gampang-gampang sulit. Aku akan kuliah di jurusan pilihan orang tuaku, setelah bekerja dan mendapat gaji sendiri, aku akan kuliah lagi untuk mengejar cita-citaku!

Apa gak kelamaan? Apa gak ketuaan? Malu sama umur dong! Semua kata-kata itu tidak ada dalam kamus hidupku.

Aku akan tetap mewujudkan cita-citaku, tak peduli apa kata orang. Mungkin terlalu ribet, tapi aku percaya kalau Apa yang kita lakukan, walaupun sedikit, akan membuahkan hasil.

Lalu apakah ada cara lain selain itu?

Ada, kamu coba saja meyakinkan cita-citamu pada orang tua. Beri tahu alasanmu memilih jurusan itu, beri tahu bahwa kamu punya minat dan keahlian yang sesuai dengan jurusan pilihanmu itu, atau prestasi yang telah kamu raih.

Kalau masih gak bisa?

Cari beasiswa ketika kuliah supaya orang tuamu tidak menyesal dengan membiayai kuliahmu. Kalau kamu dapat beasiswa kuliah, orang tuamu bisa apa?

Semua cara sudah kucoba, tetapi hasilnya masih tetap gak bisa?

Rajin-rajinlah berdoa dan meningkatkan IMTAK pada Allah, karena sesungguhnya, “Disetiap kesulitan ada kemudahan.” dan ingat pula kata pepatah, “Banyak jalan menuju roma.”

InsyaAllah, kita semua bisa berhasil, Aamiin 🙂

2016 Resolutions

2016

2016 Resolutions

Happy New Year 2016 guys! 😀

Semoga di tahun yang baru ini, kita semua memiliki semangat yang baru dan dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Aamiin 🙂

Di tahun 2016 ini, ada beberapa resolusi yang ingin aku buat menjadi kenyataan, mau tahu apa aja. Check it out!

1. Indonesia menjadi Juara di MEA

Selamat datang MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (ASEAN ECONOMIC COMMUNITY) Kerjasama ekonomi kawasan regional ASEAN 😀
Ini impian paling complicated untuk Tanah Air Indonesia tercinta dan yang paling aku inginkan untuk terwujud. Yang dapat kita lakukan untuk dapat membantu mewujudkannya adalah dengan memakai produk dalam negeri dan mengurangi pemakaian produk luar meskipun godaan untuk membeli selalu ada. Kalau tidak dimulai dari kita, lalu siapa lagi?

2. Mendapat nilai tinggi dalam UJIAN NASIONAL
Sebagai pelajar, impian terbesarku adalah bisa lolos UJIAN NASIONAL dengan nilai yang sangat memuaskan dan dapat membahagiakan orang tuaku yang telah mengorbankan banyak materi untuk menyekolahkanku dan membuatku menjadi pandai, tanpa mereka pula aku tidak ada di dunia ini :’)

3. Lolos SNMPTN/SBMPTN dan diterima di perguruan tinggi yang aku inginkan
Impianku adalah aku dapat melanjutkan perguruan tinggi di Universitas yang sangat aku idam-idamkan, yaitu UGM/UB/UNAIR. Aku berharap agar diterima di salah satu perguruan tinggi negeri tersebut dan mengambil jurusan Hubungan Internasional, Aamiin 🙂

4. Kuliah dan berwirausaha
Impianku selanjutnya adalah Aku ingin kuliah sambil bekerja/berwirausaha untuk meringankan beban kuliahku dan InshaAllah bisa membiayai kuliahku sendiri beserta uang jajannya, Aamiin 🙂

5. Bisa menggapai cita-citaku untuk menjadi Diplomat/Duta Besar
Impianku yang terbesar adalah menjadi Diplomat atau Duta Besar dan dapat menjadi wakil terbaik untuk Indonesia tercinta serta mempromosikan budaya dan produk-produk Indonesia di negara tujuanku nanti, Aamiin 🙂

Semoga aku bisa mewujudkan resolusi ini ya teman-teman. Wish me luck and all The Best!

See you in my next post 😀

4 Years of Blogging

Untitled

Happy Anniversary for my blog! 😀

Nggak nyangka kalau udah 4 tahun blogging di blog ini. Nggak banyak kesan sih, karena blog ini postingannya gado-gado. Isinya campur-campur lirik lagu lah, curhat lah, info lah, dsb.

Aku punya banyak blog, dan aku lebih suka ngepost review di Blog ku yang satu ini Books Are My Heroin

Harapanku…. Semoga aku bisa lebih konsisten lagi ya guys posting dan berbagi di blog ini, aamiin

 

Jika tak bisa berkata baik, lebih baik Diam

Pepatah mengatakan “Diam itu Emas” maknanya ialah Apabila kita tak bisa mengatakan yang baik-baik, maka lebih baik diam.

Kita seringkali mendengar kata-kata pedas yang diutarakan oleh orang lain, baik itu dari orang-orang di sekitar kita, di tv, di social media, dll.

Yang paling parah aku tahu, banyak komentar pedas di social media artis-artis, entah itu dari haters tingkat akut atau orang yang sekedar nggak suka sama mereka.

Miris waktu dengar/baca perkataan pedas kayak gitu, apalagi kalau orang yang mereka kata-katain itu sama sekali nggak salah. Lagipula mental seseorang itu berbeda-beda terhadap kritikan, hinaan, dsb. Ada yang cuek banget dan ada yang kebawa perasaan dan down.

Berdasarkan pengalaman aku sendiri, aku juga sering banget dikata-katain pedas kayak gitu, aku bingung karena aku nggak tahu apa salah aku sama mereka sampai mereka ngata-ngatain aku kayak gitu 😦

Yang paling aku inget itu waktu aku masih SD dan lagi seneng-senengnya main sama tetanggaku. Aku sering banget main sama mereka. Waktu aku pulang ke rumah, aku dikasih tahu mbakku kalau nggak boleh main ke rumah orang terus-terusan karena aku dikatain si pemilik rumah kayak anak nggak punya rumah, hiks 😥

Aku langsung down dan nggak nyangka banget kalau dikatain sampai segitunya. Yang ngatain aku itu nenek dari temanku. Kebayang nggak sih, aku waktu itu masih kecil, masih SD dan lagi seneng banget main bareng teman-temanku, tapi aku malah dikatain sampai segitunya. Padahal yang ngatain aku udah nenek-nenek, seharusnya beliau bisa maklum lah, namanya juga anak kecil. Nggak malu sama umur ya, sudah tua tapi sikapnya kayak anak kecil.

Sejak saat itu aku jarang main bareng teman-temanku dan lebih sering di rumah aja.

Yang bisa kita ambil dari kejadian ini adalah Kita harus berhati-hati mengungkapkan fikiran kita, jangan sampai kata-kata kita menyakiti orang lain. Kita juga harus melihat kepada siapa kata-kata kita ditujukan, apakah sebaya dengan kita atau lebih kecil dari kita 🙂

Habis Manis Sepah Dibuang

Kata kiasan itu sering banget kita dengar di sekitar kita, baik dari teman, saudara, dll. Rasanya sudah pasti kecewa banget kalau digituin. Bayangin aja, kamu sudah melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain, tetapi balasannya malah sebaliknya. Mereka tidak pernah melihat apa yang kamu berikan kepada mereka. Kalau bahasa kasarnya sih “Gak tahu balas budi” sudah diberi pertolongan tapi balasannya malah menjatuhkan, sama seperti bebasan “Tulung Menthung” yang artinya sudah ditolong tetapi malah memukul.

Ketika sudah digituin, saya cuma bisa sabar aja. Saya yakin kok, kalau suatu saat dia pasti merasakan apa yang saya rasakan. Roda kehidupan selalu berputar sob 😉

Tetapi ada hal yang ingin saya sampaikan sama kalian atau kamu yang sedang membaca tulisan ini dan pernah melakukannya. Ketika orang lain berbuat kebaikan padamu, balaslah dengan kebaikan pula. Ucapkan terima kasih pada mereka yang telah membantumu. Kalau kamu membalasnya dengan baik, kamu pasti akan mendapat keuntungan yang banyak pula, ingat peribahasa “Siapa menanam pasti menuai

 

Presiden Indonesia yang Tidak Tertulis dalam Sejarah Bangsa

Hingga saat ini bangsa Indonesia hanya mengenal tujuh presiden yang pernah memimpin NKRI.  Masyarakat pastinya fasih ketika harus menghapal ketujuh nama presiden, mulai dari Ir Soekarno hingga sekarang presiden Joko Widodo.  Namun tahu kah anda bahwa ternyata ada dua nama lagi yang pernah menjabat negeri ini? Mereka luput dan terlupakan dari sejarah, bahkan tidak banyak yang mengenalnya.

Adalah Sjafruddin Prawiranegara dan Mr. Assaat yang pernah memimpin Indonesia pada masa-masa genting. Sayang, usia memimpin yang relatif singkat membuat nama kedua tokoh ini tidak dikenal. Padahal tanpa mereka, Indonesia bisa saja direbut kembali oleh penjajah karena kondisi pemerintahan dalam keadaaan kosong. Siapa sebenarnya mereka dan bagaimana perjalanan dalam memimpin Indonesia? Berikut ulasannya.

Kisah Sjafruddin Prawiranegara dan Assaat yang terlupakan
Sjafruddin Prawiranegara memimpin saat Presiden Soekarno dan Mohd Hatta di asingkan oleh Belanda pada Agresi Militer Belanda kedua. Saat itu Belanda habis-habisan menggempur Yogyakrta. Selain dua tokoh nasional tersebut,  Belanda juga menangkap pemimpin Indonesia lainnya untuk di asingkan ke Pulau Bangka. Belanda menyiarkan kabar bahwa Indonesia sudah bubar, karena pemimpin-pemimpinnya sudah mereka tawan.

Beruntung Sjafruddin Prawiranegara yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kemakmuran sedang berada di Bukittinggi, Sumatra Barat sehingga terhindar dari pengasingan. Ia lantas mengusulkan untuk pembentukan pemerintahan darurat demi meneruskan pemerintahan RI. Hal ini senada dengan telegraf yang dikirmkan Ir Soekarno yang memberi kuasa kepada Sjafruddin Prawiranegara untuk memimpin pemerintahan.

Ia kemudian menggelar rapat pada 19 Desember 1948 yang bertempat di sebuah rumah dekat Ngarai Sianok Bukittinggi. Rapat tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumatra Mr. T.M. Hasan yang langsung menyetujui pembentukan suatu Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI). Hal ini semata-mata dilakukan demi NKRI agar tidak mengalami kekosongan kekuasaan.

Akhirnya pada 22 Desember 1948, PDRI diproklamirkan dan Sjafruddin menjadi  pemimpinnya. Ia dibantu oleh kabinetnya diantaranya  T.M. Hasan, S.M. Rasjid, Lukman Hakim, Ir. Mananti Sitompul, Ir. Indracahya, dan Marjono Danubroto. Sementara Jenderal Sudirman tetap menjadi Panglima Besar Angkatan Perang.

PDRI saat itu menjadi satu-satunya musuh Belanda. Semua tokoh-tokohnya terus bergerak mengusir penjajah. Bahkan hingga sampai harus bermalam di hutan rimba untuk menghindakan diri dari serangan. Rombongan ini kerap tidur di semak belukar di pinggiran sungai Batanghari dan kekurangan pasokan bahan makanan. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat pahlawan untuk mempertahankan kemerdekaan.

Perjuangan mereka ternyata membuahkan hasil. Pada pertengahan tahun 1949, posisi Belanda semakin terjepit karena agresi besar-besaran yang diluncurkan ke Indonesia mendapat kecaman internasional. Mereka tidak pernah berkuasa penuh dan akhirnya memilih berunding dengan utusan Soekarno-Hatta yang saat itu masih berstatus tawanan.

Akhirnya perundingan  menghasilkan Perjanjian Roem-Royen. Setelah perjanjian ini  Sjafruddin kemudian  mengembalikan pemerintahan kembali kepada Ir Soekarno pada 13 Juli 1949. Ini berarti masanya menjabat sebagai presiden selama kurang lebih delapan bulan untuk melanjutkan eksistensi Republik Indonesia.

Sementara itu Mr. Assaat pernah menjadi pemimpin Indonesia saat Indonesia mengalami gejolak yang sama. Tepatnya pada tahun 1949 Ia terpilih menjadi presiden saat republik ini menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS). RIS merupakan negara yang dibuat oleh Belanda dan terpisah dari NKRI.

Tepatnya setelah Konferensi Meja Bundar (KMB) dimana Belanda menetapkan Ir Soekarno dan Hatta menjadi presiden dan Perdana Menteri RIS. Itu berarti terjadi kekosongan kekuasaan di Republik Indonesia sendiri.

Tokoh Indonesia sudah membaca kelicikan Belanda yang akan menguasai Indonesia jika negeri ini mengalami kekosongan kekuasaan. Akhirnya dipilihlah Assaat sebagai Pemangku Sementara Jabatan Presiden RI. Jika Ia tidak berkuasa, Belanda tentu saja akan dengan mudah untuk menguasai Indonesia.

Akhirnya pada tanggal 15 Agustus 1950 RI dan RIS melebur menjadi  Negara Kesatuan Republik Indonesia. Artinya masa jabatan Assaat sebagai presiden RI  sekitar sembilan bulan. Kursi kepemimpinan kemudian dikembalikan lagi kepada Ir. Soekarno.

Perjuangan mereka tentu saja tidak bisa dipandang sebelah mata. Jika tidak ada keduanya, mungkin saja kisah Indonesia tidak seperti dalam buku sejarah yang kita baca di sekolah. Sayang, nama keduanya seolah hilang dan tidak diabadikan. Meski jasanya tidak kalah hebat dengan presiden yang memiliki catatan periode lima tahun atau lebih.

Lima Orang Indonesia yang Ditakuti Amerika Serikat

Amerika serikat merupakan negara adidaya yang selalu protektif kepada orang-orang yang menjadi ancaman bagi negaranya. Orang-orang yang ditakuti biasanya memiliki pengaruh besar mengancam ekonomi, politik dan militer mereka. Beberapa nama yang ditakuti dan akhirnya bisa disingkirkan, berdasarkan list yang beredar diantaranya Adolf Hitler, Che Guevara, Saddam Hussain, Ossama Bin Ladden dan lain-lain.

Kini muncul nama-nama baru yang dianggap lebih mendominasi dibanding pemimpin negeri Pamansam tersebut. Menurut survey majalah Forbes 2014, Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi pemimpin dunia yang ditakuti dibanding Barack Obama yang menempati posisi kedua. Tidak hanya Rusia, ternyata beberapa nama orang Indonesia dahulunya juga pernah dianggap membahayakan dan menjadi ancaman Amerika Serikat. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Ir. Soekarno 

Sosok Ir Soekarno memang begitu ditakuti oleh Amerika Serikat. Sikap tegasnya dalam berpolitik membuat Amerika begitu takut dengan sosok yang satu ini. Ketegasannya terlihat ketika Ia memilih untuk menjadi negara nonblok dan tidak menjadi sekutu Amerika Serikat maupun Uni Soviet. Yang lebih berani lagi, Ia memutuskan Indonesia untuk keluar dari Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 7 Januari 1965 karena menganggap PBB hanya menjadi boneka penguasa dunia. Bung Karno mengatakan Indonesia berterima kasih atas segala bantuan dari pihak asing karena mempercepat kemerdekaan, namun secara tegas tidak rela seujung jari pun kemerdekaannya ditukar dengan bantuan asing.

Amerika Serikat bahkan mempersiapkan operasi untuk melengserkan kepermimpinan sang putra fajar. Hal ini diketahui dari dokumen yang pilot Allen Lawrence Pope yang tertangkap setelah menembak pesawat Indonesia. Dalam dokumen tersebut terkuak bahwa Allen Pope terkait dengan operasi CIA. Yaitu menyusup di gerakan pemberontakan di Indonesia untuk menggulingkan Soekarno.

2. Moch Hatta

Meski menjadi orang kedua di Indonesia, namun nama Moch Hatta tidak bisa dipandang sebelah mata. Bapak Koperasi Indonesia ini berpengaruh besar terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Ir. Soekarno selaku Presiden Indonesia kala itu. Beliau adalah tokoh dibalik kesuksesan Soekarno memimpin Bangsa Indonesia. Ia secara terang-terangan menolak adanya dominasi AS di tanah pertiwi. Walaupun pada akhirnya pandangannya dengan Ir Soekarno tidak sejalan lagi, namun Moch Hatta tetap masuk daftar orang yang paling disegani dunia kala itu.

3. Soeharto

Satu lagi sosok yang ditakuti oleh Amerika Serikat. Soeharto, meski banyak dokumen yang menyatakan banyaknya bantuan Amerika Serikat kepadanya, tidak bisa dipungkiri bahwa Amerika juga takut terhadap sosok yang satu ini. Seperti diketahui bahwa pada masa kepemimpinannya Indonesia mempunyai struktur kenegaraan yang sangat baik, kekuatan Indonesia kala itu merata di segala bidang, mulai dari Ekonomi, Politik, Militer indonesia termasuk negara yang sangat kuat dan paling seimbang. Dominasi Soeharto ini membuat Amerika memikirkan cara untuk melenyapkan presiden yang mendapat julukan bapak pembangunan yang satu ini, barulah pada tahun1998 amerika dapat meruntuhkan Soeharto dengan jebakan lilitan hutang dan krisis ekonomi ditambah lagi dengan usianya yang sudah tua membuat ia dapat dilengserkan dari kepemimpinannya sebagai President indonesia setelah 32 tahun menjabat.

4. Prabowo Subianto

Meski belum pernah memimpin negeri ini nama Prabowo Subiyanto ditakuti oleh Amerika Serikat. Bagaimana tidak, Ia secara tegas menyatakan bahwa jika berhasil duduk menjadi presiden RI maka Indonesia tidak akan erkompromi dengan asing jika hal ini merugikan kedaulatan dan kekayaan bangsa Indonesia. Penentangannya terhadap ekonomi Liberal kapitalis secara terang-terangan dan ingin mengamankan kekayaan Indonesia membuat Amerika was-was dan sangat ketakutan. Menurut Pakar politik Indonesia dari Northwestern University Jeffrey Winters, potensi menangnya calon Prabowo Subianto menyiratkan sensitivitas bagi pemerintahan Barack Obama. Sensitivitas itu muncul karena ada hubungan yang sangat erat antara militer AS dan militer Indonesia di masa pelanggaran HAM oleh militer Indonesia. Meski Prabowo gagal dalam Pilpres 2014, namun Prabowo masih menjandi pusat perhatian Amerika Serikat di Indonesia.

5. Ust. Abu Bakar Ba’asyir

Nama Ust. Abu bakar ba’syir juga termasuk dalam daftar orang-orang Indonesia yang paling berbahaya dan sangat ditakuti Amerika. Ia dianggap memiliki pemikiran  dalam upaya penegakan Khilafah Islamiyah yang runtuh dijaman turki Ustmani, dan seperti yang kita ketahui dominasi barat terhadap dunia baru seumur jagung yaitu setelah runtuhnya pemerintahan islam global Dinasti Ustmani pada awal tahun 1.900, setelah hancurnya ustmani menjadikan negara-negara islam terpecah belah dan terpetak-petak, Ustadz abu memiliki pengikut di berbagai penjuru indonesia bahkan dunia. Upaya Amerika dalam melenyapkan ustd Abu akhirnya berhasil setelah sekian lama gagal dengan menuduh tanpa bukti bahwa Abu bakar baasyir ikut terlibat dalam latihan militer yang dilakukan di Aceh, kini sang ustadz mendekam dipenjara nusakambangan bersama orang-orang sepemahaman dengannya.

Rekomendasi Situs Menulis dan Mempublish Cerita

Buat kalian yang suka menulis dan mempublish cerita online. Ada beberapa situs yang bisa kamu coba lho! Mau tahu apa saja? Langsung aja di bawah ini reviewnya.

1. http://www.fanfiction.net
Buat kamu yang suka nulis fanfiction dengan tokoh idola dari film, buku, maupun serial film. Situs ini cocok banget buat kalian! Uniknya.. kalian bisa masangin karakter yang kalian suka, misalnya Hermione dan Harry Potter, Katniss dan Peeta, Katherine dan Damon, dan masih banyak lagi.

2. http://www.fictionpress.com
Situs yang satu ini nggak jauh beda sama fanfiction.net Bedanya situs ini khusus buat cerita original bikinan kalian, alias bukan fanfiction.

3. http://www.kemudian.com
Situs ini punya sistem penilaian yang sedikit berbeda dari yang lain, yaitu menggunakan sistem poin. Jadi kalau kalian mau ngeposting cerita, kalian harus ngumpulin poin dulu dari komentar. Satu komentar bisa dapat 5 poin.

4. http://www.penulismuda.com
Ini juga bisa kalian jadikan tempat buat mempublish cerita ataupun puisi kalian. Seru banget! Soalnya kalian juga bakalan mendpatkan informasi-informasi baru seputar dunia menulis.

5. http://cerpenmu.com
Kalian bisa posting cerita sesuai dengan kategori yang ada, misalnya kategori Cerita Remaja, Cerita Persahabatan, dll. Situs ini juga ngasih Rewards, contohnya Cerpenmu Monthly Rewards! Di waktu tertentu situs ini juga ngasih rewards berupa uang tunai sampai ratusan ribu lho! Seru banget kan bisa posting sambil dapat uang!!

6. http://www.wattpad.com
Dari semua situs menurutku ini yang paling keren!! Kalian bisa membuat cover novel sendiri lho.. Selain itu kita juga bisa tahu berapa kali cerita kita dibaca, baik secara keseluruhan maupun tiap chapternya. Kelebihan lain cerita kita juga bisa dapat kesempatan jadi cerita Populer lho.. dan muncul di halaman HOME Wattpad!

7. http://basabasi.co
Di situs ini kita bisa posting cerbung, cerpen, celoteh, puisi, bahkan Esai juga lho! Keuntungan yang kita dapatkan adalah Setiap cerita yang dimuat akan mendapat hadiah uang sebesar Rp 250.000 Wow.. lumayan banget kan! Tapi cerita yang dimuat di sini harus lolos seleksi admin Basabasi.co Jadi kalau kamu pengin ceritamu dimuat dan dapat hadiah uang, kalian harus mengirimkan cerita terbaik kalian, jangan lupa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ya!

Negara Maju `Culik` Orang Pintar Indonesia

papua

Murid SD di Papua

“Generasi tempe bisa apa?” Pertanyaan ini kerap terdengar tiap kali Indonesia gagal bersaing dengan negara tetangga dalam meghadapi kompetisi skala dunia. Nyatanya, justru banyak orang pintar di negeri ini yang tidak diberdayakan oleh bangsa sendiri hingga kerap menjadi ‘buruan’ negara tetangga.

Tak hanya lingkup Asia Tenggara, sejumlah negara maju seperti Jepang dan Jerman dalam beberapa tahun terakhir kian intens membidik mahasiswa-mahasiwa dan bibit unggul asal Indonesia untuk difasilitasi demi memberikan kemajuan.

Siapa tak kenal BJ Habibie? mantan Presiden ini banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahun Jerman.

Sejatinya kontrubusi umat Islam untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat besar. Lalu apa yang salah dengan ‘generasi tempe’ ini?

“Sebenarnya salah satu faktor penghambat pendidikan di Indonesia dirasa kurang baik karena sistemnya dan gairah yang tidak setinggi apa yang dirasakan di negara-negara maju,” kata Profesor Terry Mart, Fisikawan Muslim dan Guru Besar FMIPA UI di sela acara UI Islamic Book Fair, Depok.

Gairah dan sistem itu, jelas Profesor Terry, sejatinya bisa dimulai dari hal kecil dan diri sendiri sesuai dengan bidang dan kompetensi masing-masing. Lama menghabiskan waktu di Amerika Serikat, Jepang dan Jerman membuat Terry melihat dukungan bangsa maju dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan dari semua sektor secara menyeluruh.

Hal itu berbanding jauh dengan apa yang terjadi di Indonesia. Dukungan masih terbatas pada kepentingan tertentu yang sistemnya juga belum diterapkan secara terintegrasi.

sc : here

Support Miss Indonesia di Miss World 2014

maria

Miss World Indonesia kembali digelar di London. Final Miss World akan diadakan seminggu lagi. Ada beberapa fast track yang bisa menambah poin di Miss World, diantaranya: Top Model, Beach Fashion, Sport, Talent, BWAP (Beauty With A Purpose) dan Multimedia.

Di bawah ini video-video yang dibuat oleh Maria dalam berjuang di Miss World:

1. Contestant Introduction

intro

Maria Rahajeng dalam video perkealannya turut memperkenalkan/mempertunjukkan budaya Indonesia. Mulai dari masyarakat desa yang identik dengan bertani, ibu-ibu yang sedang membatik dengan mengenakan kebaya, serta kesenian wayang. Selain itu kegiatan-kegiatan sosial Maria sebagai Miss Indonesia juga ditampilkan, yang aku suka sama Maria itu dia orangnya sangat ramah, sopan santun, dan nada bicaranya tulus seperti tanpa dibuat-buat.

Tampilan sinematographynya juga bagus banget, suasananya juga pas, terlebih musiknya juga mendukung. The Best Introduction video beside Miss South Africa 🙂

2. Beauty With A Purpose

bwap bwap2

Inilah video pamungkas untuk mendapatkan poin fast track tertinggi di Miss World. Proyek Maria adalah membangun jembatan di yang rusak di Lebak, Banten 🙂

Untuk memberikan dukungan, komen yang positif di 2 halaman di bawah ini ya 🙂

1 —> MISS INDONESIA BWAP PART 1

2 —> MISS INDONESIA BWAP PART 2

3. Oxford Debate

oxford

Kabar gembira guys, Maria dipilih sebagai salah satu kontestan yang memberikan speech di Oxford University. Dan lebih hebatnya lagi Indonesia dipanggil pertama setelah Megan Young memberikan pidato sambutan.

Bukan hanya itu saja, Maria mendapat banyak pujian dari orang luar tentang kepiawaian Public Speaking English yang cap cis cus.. bagus banget aksennya dan lancar tanpa mengulang satu pun kata 😀

Proyek ini sangat unik karena tidak ada yang seperti ini sebelumnya di Miss World. Maria telah memberikan yang terbaik untuk warga sekitar sana, jembatan ini bukan hanya bemanfaat bagi anak-anak yang ingin berangkat sekolah tetapi juga untuk warga sekitar dan manfaatnya dalam jangka waktu yang panjang.

Btw, Proyek Maria ini masuk Top 10 BWAP lho, pengumuman pemenangnya akan diumumkan ketika final. Semoga proyek Maria ini menang ya teman-teman, Aamiin 🙂

Ayo teman-teman, dukung Maria di Miss World untuk memenangkan sesi Multimedia dengan cara like fp official Miss World – Indonesia dan like setiap postingan dan jangan lupa buat komentar yang positif ya guys, tapi jangan spam komentar karena fp itu digunakan untuk penilaian Multimedia.

Rapatkan barisan guys, waktu untuk Multimedia tinggal sebentar lagi. Maria sudah berjuang keras untuk membuat bangga Indonesia di Miss World, sudah selayaknya kita mendukungnya dengan cara membantu di sesi Multimedia dan vote Maria melalui applikasi Miss World Limited yang bisa di download di Play Store dan App Store.

Pilih 3 kontestan, jangan lupa pilih Indonesia di urutan pertama dan 2 kontestan lain yang tidak masuk Top 10 dan Top 25 (di sebelah kanan nama negara)

Pemenang Vote bakalan masuk Top 6 Miss World secara langsung seperti Miss Gibraltar di Miss World tahun lalu di Indonesia 🙂

Thank you so much all!